A. Cyber Cheating
Perkembangan media sosial di Indonesia dimulai sekitar tahun 90-an.
Kemunculan Mirc sebagai sarana sosialisasi dan komunikasi antar individu via
jaringan internet, ternyata membawa dampak besar. Media sosial berkembang
menjadi sebuah ajang bagi manusia yang jika ditilik dari hierarki kebutuhan
Maslow, berada pada puncak piramida kebutuhan manusia yaitu pencarian jati diri
dan pencarian akan eksistensi diri (Kebutuhan aktualisasi diri). Namun sayangnya, fungsi positif dari media sosial sebagai sarana
sosialisasi, komunikasi serta informasi telah dicederai dengan berbagai macam
hal-hal negatif. Pola komunikasi yang telah berubah tanpa perlu adanya tatap
muka memudahkan terjadinya pemalsuan (faking) dalam hubungan.
Orang dengan mudah memalsukan identitas, tanpa takut diketahui oleh orang lain.
Pemalsuan identitas orang lain sudah menjadi hal yang biasa dalam aktivitas
media sosial. Berbagai akun palsu banyak sekali bertebaran di hampir semua
jenis media sosial. Bahkan akun-akun tersebut digunakan untuk hal-hal yang
tidak semestinya dan sudah banyak pelanggaran atau kejahatan yang terjadi di
dunia maya saat ini. Tentu hal ini sangat memprihatinkan.
Pemalsuan/manipulasi identitas terdiri
dari dua suku kata yakni pemalsuan/manipulasi identitas. Manipulasi merupakan
kata serapan yang berasal dari bahasa inggris yaitu manipulation yang berarti
penyalahgunaan atau penyelewengan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,
manipulasi diartikan sebagai upaya kelompok atau perorangan untuk mempengaruhi
perilaku sikap dan pendapat orang lain tanpa orang lain itu menyadarinya.
Perbuatan pemalsuan merupakan suatu jenis pelanggaran norma yaitu kebenaran
atau kepercayaan dan ketertiban masyarakat. Sedangkan pengertian identitasnya
dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mengandung makna ciri-ciri, keadaan khusus
seseorang, dan jati diri seseorang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemalsuan
identitas adalah suatu upaya penyalahgunaan atau pelanggaran norma yang
dilakukan seseorang atau kelompok untuk membuat data-data mengenai status,
ciri-ciri maupun keadan khusus seseorang atau jati diri yang tidak sesuai
dengan kenyataannya dan dimaksudkan untuk menipu.
Pemalsuan
identitas dalam dunia maya yang terus terjadi, membuat orang lain bisa dengan
mudah memberi pendapat atau argumen dalam setiap forum. Etika-etika dalam
komunikasi pun mulai mengalami perubahan, kebebasan berbicara dilampaui melalui
media sosial. Dunia maya dan media sosial yang seharusnya
menjadi proyeksi diri kita, malah menjadi topeng untuk menutupi diri. Kasus
penipuan dan penyimpangan dalam konteks media sosial ini menampilkan kontrasnya
dunia maya bila dibandingkan dengan dunia nyata.
Salah satu contoh
kasus besar yang terbongkar pada tahun 2017 lalu mengenai pemalsuan identitas
dalam dunia maya adalah kasus pemalsuan sebuah akun dengan jaringan yang sangat
besar bernama Saracen. Akun yang berselancar di grup facebook ini diduga aktif menyebarkan
berita bohong bernuansa SARA. Unggahan
tersebut berupa kata-kata, narasi, maupun meme yang tampilannya mengarahkan
opini pembaca untuk berpandangan negatif terhadap kelompok masyarakat lain.
Para pelaku dalam kelompok yang sangat terorganisir ini memiliki berbagai
kemampuan antara lain memulihkan akun media sosial para anggotanya yang
kena blokir, memberi bantuan pembuatan berbagai akun, baik yang sifatnya real,
semi-anonim, maupun anonim.
B. Cyber Flirting
Cyber Flirting, atau merayu yang dilakukan dalam dunia maya. Flirting menurut Rosenberg, penulis "The Human Magnet Syndrome: Mengapa Kita Mencintai Orang yang
Menyakiti Kita" (PESI Publishing and Media) adalah ketika Anda secara
verbal, emosional atau fisik intim dengan orang lain selain pasangan Anda atau
pasangan. Ini dapat menjadi urusan
ketika ada hubungan ... di mana dua orang mendapatkan kebutuhan mereka bertemu
di luar pernikahan atau hubungan mereka.
Kita tahu bagaimana internet digunakan untuk berinteraksi dengan
semua jenis karakter di seluruh dunia. Orang-orang mengobrol dan menciptakan
pertemanan dan hubungan melalui situs web internet ini. Tetapi apa yang akan
dilakukan orang yang terlibat untuk menggoda seseorang di web? Agar menggoda
terjadi di dunia maya, tubuh perlu diwakili melalui teks (Whitty, 2003, Whitty
& Carr, 2003). Misalnya, daripada berusaha menjadi terlihat baik, seperti
yang secara tradisional akan dilakukan untuk tanggal offline, individu dapat
membuat yang kesan pertama dengan menggambarkan melalui teks betapa menariknya
mereka muncul. Menggoda kepada beberapa orang mungkin tampak tidak berbahaya
terutama jika itu hanya online dan tidak memiliki rencana untuk bertemu dengan
orang ini. Tapi perbuatan ini tetap adalah perbuatan yang salah. Mereka yang
terlibat dalam “flirting” akan
mencoba untuk berhati-hati dengan sesi mengobrol mereka karena sebenarnya mereka
tahu mereka melakukan sesuatu yang salah. Mengirim email nakal satu sama lain
atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Saat mengobrol, menggoda akan semakin
berat dan Anda akan memikirkan orang ini lama setelah Anda meninggalkan komputer.
Bahkan jika Anda tidak pernah bertemu, flirting dapat menjadi sangat intens
sehingga Anda akan tertarik oleh orang ini. Maka Anda akan menemukan diri Anda
memikirkan orang itu lebih dari yang seharusnya.
Flirting dilakukan dalam batas diam-diam; ini semacam permainan di mana
para peserta bergerak lebih dekat ke garis itu — dan kadang-kadang bahkan
melangkah menyeberang — dan kemudian mundur ke jarak yang nyaman darinya. Cyber flirting adalah jenis tarian
verbal di mana batas-batas seksualitas tidak jelas ditarik. Flirting adalah seperti gunung berapi
yang tidak aktif yang dapat menjadi aktif setiap saat. Dalam urusan online,
melintasi batas antara percintaan polos dan interaksi seksual terbuka, dan
karenanya mengaktifkan gunung berapi seksual, sangat difasilitasi. Stimulasi
tinggi dan, online, sinyal peringatan khas yang mengingatkan orang-orang
tentang ketidaksetiaan — seperti tanda ketidaknyamanan atau rasa malu nonverbal
— tidak mudah terlihat.
DAFTAR
PUSTAKA
Kaumbur, G.E. (2015). Tertipu media sosial. http://scientiarum.com/2015/06/30/tertipu-media-sosial/.
Diakses pada 27 Mei 2018
Matondang, D.B. (2017). Bos saracen curi KTP hingga
ijazah untuk buat facebook palsu. https://news.detik.com/berita/3726727/bos-saracen-curi-ktp-hingga-ijazah-untuk-buat-facebook-palsu. Diakses pada 27 Mei 2018
BBC. (2017). Kasus saracen: pesan kebencian dan hoax di
media sosial ‘memang terorganisir’. http://www.bbc.com/indonesia/trensosial-41022914.
Diakses pada 27 Mei 2018
Rahman, D. (2016). “Analisis Yuridis Kriminologis
mengenai pemalsuan identitas diri dalam perkawinan dihubungkan dengan pasal 266
kitab undang-undang hukum pidana”. Skripsi.
Fakultas Hukum UNPAS.
Tumwebaze, P. (2010). Is cyber flirting cheating?. http://www.newtimes.co.rw/section/read/94743.
Diakses pada 27 Mei 2018
Whitty, M.T. (2004). Cyber-flirting:
An examination of men's and women's flirting behaviour both offline and on the
Internet. Behaviour Change, 21(2), 115-126. https://lra.le.ac.uk/bitstream/2381/10040/4/Cyberflirting%20Chat%20rooms_Whitty.pdf.
Diakses pada 27 Mei 2018.
Novianty, D., Nodia, F. (2017). Survei: Indonesia negara
kedua di asia paling banyak selingkuh. https://www.suara.com/lifestyle/2017/12/02/142256/survei-indonesia-negara-kedua-di-asia-paling-banyak-selingkuh. Diakses pada 27 Mei 2018.
Komentar
Posting Komentar