Langsung ke konten utama

IAD -- PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA 

Manusia berbeda dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Yang membedakan ialah karena manusia memiliki akal (pikiran). Dengan pikiran, manusia bisa mengendalikan semua apa yang hendak ia lakukan atau tidak ingin ia lakukan. Maka dari itulah manusia dikatakan makhluk yang sempurna. Dengan diberikannya sebuah pikiran oleh Tuhan kepada manusia, maka seharusnya manusia bisa memelihara dan mengembangkannya supaya dapat bermanfaat bagi dirinya dan makhluk lainnya serta dapat menjadi alat untuk mengolah dunia. 
Pikiran manusia berkembang secara alamiah sejalan dengan bertambahnya usia dan perkembangan mental. Perkembangan alam pikiran manusia digambarkan dengan proses psikososial dan proses psikoseksual. Dengan bertambahnya usia maka rasa ingin tahu manusia akan muncul dan itulah yang menyebabkan perkembangan alam pikiran manusia. Saat rasa ingin tahu muncul, maka memaksa rasio untuk mencari tahu akan sebuah kebenaran dengan cara berfikir dan tanpa disadari pikiran tersebut sedang berkembang dan memiliki banyak pengetahuan. 
  1. Sifat Alami Manusia  
Manusia adalah makhluk lemah tetapi punya kelebihan yang menjadi kekuatannya. Manusia menggunakan akal dan pikiran untuk melakukan segala sesuatu dan merupakan faktor pembentuk kepribadian manusia.  Akal pikiran dan kemauan kadang tak sejalan. Terkadang akal pikiran bisa mengendalikan kemauan, tetapi kadang akal pikiran mengikuti kemauan. Jika ada pengaruh dari lingkungan, gunakan akal pikiran untuk mempertimbangkan baik buruknya, sehingga kemauan negatif dapat dikendalikan. Pikiran manusia berkembang secara alamiah sejalan dengan bertambahnya usia dan perkembangan mental. Perkembangan alam pikiran manusia digambarkan dengan proses psikososial dan proses psikoseksual. Sebagai manusia yang bermartabat, kita harus mengontrol perkembangan pikiran kita dan bagaimana pikiran tersebut dapat berkembang. Sehingga saat kita dapat mengontrol pikiran maka kita pun dapat mengontrol perkembangan kepribadian kita supaya menjadi pribadi yang baik. 
  1. Rasa Ingin Tahu 
Manusia satu-satunya makhluk hidup yang mengembangkan pengetahuan karena akal budi dan kemauan yg dimilikinya. Kelebihan manusia dibanding hewan adalah rasa ingin tahu. Pada hewan, pengetahuan terbatas hanya untuk survival tetapi manusia normal selalu berusaha memenuhi rasa ingin tahu, dan tidak pernah terpuaskan. Rasa ingin tahu setiap orang berbeda-beda, tergantung minatnya, bisa berubah-ubah tergantung keadaan dan lingkungan. Lingkungan bisa memperkuat atau melemahkan rasa ingin tahu. Pengetahuan manusia terus berkembang, dari hal tentang kebutuhan praktis sehari-hari sampai hal-hal yg menyangkut keindahan. 
Semakin modern perkembangan ilmu pengetahuan, hampir sebagian kebutuhan manusia dapat terpenuhi dengan mudah, praktis dan cepat kemudian hal itu mempengaruhi sifat manusia mnejadi semakin individualistik (merasa tidak membutuhkan bantuan orang lain dalam segala aktivitasnya). Semakin maju alam pikiran manusia, semakin cepat dewasa (pengaruh lingkungan global yg sangat kuat). Segala informasi dapat diterima secara cepat menembus batas ruang dan waktu. 
Perkembangan alam pikiran manusia dapat ditinjau dari 2 aspek:  
a. Aspek Jaman (jaman purba sampai sekarang) 
Sejak jaman purba, manusia menghadapi berbagai masalah. Rasa ingin tahu untuk memecahkan masalah, juga tentang fenomena-fenomena yang ada (gempa bumi, gunung meletus, gerhana matahari, dll) menghasilkan banyak jawaban, tetapi kemudian muncul masalah-masalah baru.  
Alam pikiran manusia berkembang terus sampai sekarang. Berkembang melalui penelitian sendiri, bertanya pada orang lain, juga dari mulut ke mulut kemudian pengetahuan ini terkumpul dan diwariskan dari generasi ke generasi (bahasa sebagai alat komunikasinya).  
b. Aspek Kehidupan Manusia (bayi sampai akhir hayat) 
Alam pikiran bayi dari hari ke hari akan mengalami perkembangan (dari mengamati lingkungan) dengan menyelidiki sendiri atau bertanya pada orang-orang di sekitarnya. Rasa ingin tahu anak melemah jika orang-orang di sekitarnya malas menjawab rasa keingintahuan si anak sehingga perkembangan alam pikiran anak terhambat  
Perkembangan alam pikiran dapat disebabkan karena rangsangan dari luar (tanpa dorongan dari dalam/rasa ingin tahu); misalnya orang yg tinggal di daerah banjir. Alam pikiran juga bisa berkembang karena keterpaksaan, misalnya mendengarkan ceramah yg tidak kita minati yang akan berdampak positif dan negatif. Tetapi, alam pikiran manusia berkembang dengan cepat dan baik terutama karena rasa ingin tahu (dorongan dari dalam). 
Jadi Perkembangan alam pikiran manusia dapat berkembang sejalan dengan semakin bertambahnya usia, rasa ingin tahu dan semakin banyaknya wawasan pengetahuan yang didapat serta didukung oleh lingkungan sosisal dimana Ia berada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW FILM EXAM

COVER : Judul : Exam Penulis : Simon Garrity dan Stuart Hazeldine Sutradara : Stuart Hazeldine Producer : Stuart Hazeldine dan Gareth Unwin Dirilis : Juni 2009 Durasi : 101 menit Biaya produksi : $600.000                                                              EXAM adalah sebuah film thriller psikologi yang dirilis tahun 2009 dan ditulis oleh Simon Garitty dan Stuart Hazeldine yang juga adalah sutradaranya. Karya beliau berhasil masuk nominasi BAFTA AWARDS 2010 (British Academy Film Awards) walaupun tidak menjadi pemenang. Film ini dibintangi oleh Colin Salmon, Chris Carey, Jimi Mistry, Luke Mably, Gemma Chan, Chuk Iwuji, Jhon Lloyd Fillingham, Pollyanna Mcintosh, Adar Beck dan Natalie Chox. Film berdurasi 101 menit ini adalah film yang cukup menarik bagi saya karena walaupun hanya menggunakan satu set saja yaitu sebuah ruangan kecil yang tertutup namun banyak sekali adegan menarik yang tak bisa dilewatkan satupun. Terlebih film ini mengandung teka-teki y

Pengertian dan Ruang Lingkup IAD

ILMU ALAMIAH DASAR A.     Pengertian Ilmu Alamiah Dasar Ilmu alamiah dasar adalah Ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala di alam semesta, termasuk manusia sebagai bagian dari alam dan segala yang ada di muka bumi ini sehingga terbentuk konsep – konsep dan prinsip – prinsip dasar yang esensial. B.     Tujuan Pengajaran Ilmu Alamiah Dasar Sebagai seorang mahasiswa, kita dituntut untuk memiliki pandangan yang luas baik dalam bidang sosial maupun dalam bidang ilmu pengetahuan alam. Mengapa ? Karena di lingkungan sosial, kita juga menempati lingkungan alam dan kita akan menemui persoalan pengetahuan alam yang memerlukan penalaran sehingga diharapkan dapat peka, cepat tanggap dan dapat mengambil tindakan yang tepat terhadap permasalahan alam yang ada serta bertanggung jawab terhadap berbagai masalah perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Selain itu, tujuan pengajaran IAD adalah : 1.        Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA. 2

MITOS, PENALARAN DAN CARA MEMPEROLEH PENGETAHUAN

A. Pengertian Mitos, Legenda, Cerita rakyat beserta contohnya 1. Pengertian Mitos             Mitos   ( bahasa Yunani :   μῦθος — mythos) atau   mite   ( bahasa Belanda :   mythe ) adalah cerita   prosa   rakyat   yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada   cerita tradisional . Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya   alam semesta , dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk   topografi , kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya.             Contoh dari mitos antara lain: ·          Cerita mitos Barong di Bali, ·          Cerita mitos Nyai Roro Kidul, ·          Mitos terjadinya Padi, ·          Cerita Dewi Nawangwulan, ·          Cerita pemindahan Gunung Suci Mahameru di India oleh para dewa ke Gunung Semeru yang dianggap suci oleh orang