Langsung ke konten utama

Pengertian dan Ruang Lingkup IAD

ILMU ALAMIAH DASAR



A.    Pengertian Ilmu Alamiah Dasar

Ilmu alamiah dasar adalah Ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala di alam semesta, termasuk manusia sebagai bagian dari alam dan segala yang ada di muka bumi ini sehingga terbentuk konsep – konsep dan prinsip – prinsip dasar yang esensial.

B.    Tujuan Pengajaran Ilmu Alamiah Dasar

Sebagai seorang mahasiswa, kita dituntut untuk memiliki pandangan yang luas baik dalam bidang sosial maupun dalam bidang ilmu pengetahuan alam. Mengapa ? Karena di lingkungan sosial, kita juga menempati lingkungan alam dan kita akan menemui persoalan pengetahuan alam yang memerlukan penalaran sehingga diharapkan dapat peka, cepat tanggap dan dapat mengambil tindakan yang tepat terhadap permasalahan alam yang ada serta bertanggung jawab terhadap berbagai masalah perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi.
Selain itu, tujuan pengajaran IAD adalah :

1.       Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA.
2.      Memberikan wawasan pengetahuan, pengertian, dan apresiasi terhadap objek dan cara pemikiran serta cara-cara pendekatan dalam IPA dan teknologi.
3.      Memberikan bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara pemikiran, cara-cara pendekatan dan hasil-hasil dalam IPA dan teknologi.
4.      Mengembangkan interaksi yang selaras dan disiplin ilmu eksakta dan non-eksakta.

C.    Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar

Menurut silabus Ilmu Alamiah Dasar yang diterbitkan oleh Konsorsium MKDU Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdikbud serta Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Agama Jakarta, materi Ilmu Alamiah Dasar ( IAD ) meliputi :
1.      Perkenalan dengan IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
2.      Ruang Lingkup IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
3.      Ilmu Pengetahuan Alam dan perkembangan teknologi
4.      Dampak perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kelangsungan hidup

      Secara garis besar, ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar adalah sebagai berikut :
1.     Fisika ( Physics )
Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tidak hidup atau matidari aspek wujud dengan perubahan–perubahan yang bersifat sementara. Fisika secara klasik dibagi dalam mekanika, panas, bunyi, cahaya, gelombang, listrik, magnet, dan teknik mekanik, teknik sipil, teknik listrik dan termasuk dalam lingkup besar ilmu bumi dan antariksa.

2.     Kimia ( Chemistry )
Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda hidup dan tidak hidupdari aspek susunan materi dan perubahan–perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar dibagi menjadi kimia anorganik dan kimia organik. Kedua bagian itu pada dasarnya membahas dasar  keseluruhan, kemudian diikuti dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.


3.     Biologi ( Biological Science )
Ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya. Biologi dibagi atas cabang-cabang antara lain:
a.       Botani
suatu cabang biologi yang mempelajari tentang tumbuhan. 

b.      Zoologi
suatu cabang biologi yang mempelajari tentang hewan. 


c.       Morfologi
suatu studi tentang struktur luar atau bentuk luar makhluk hidup.

d.      Anatomi
suatu studi tentang struktur dalam atau bentuk dalam makhluk hidup.



e.       Fisiologi
suatu studi tentang fungsi atau faal bagian tubuh atau organ makhluk hidup.

f.        Sitologi
suatu studi tentang sel secara mendalam meliputi struktur molekuler dan lain-lain.

Menurut Abdullah Aly dan Eny Rahma dalam bukunya Ilmu Alamiah Dasar bahwa ruang lingkup IAD adalah sebagai berikut:
1) Alam semesta dan tata surya
2) Bumi
3) Asal mula kehidupan bumi.     
Sedangkan H. Abu Ahmadi dan A. Supatmo mengelompokkan ruang lingkup IAD ke dalam lima pokok bahasan yaitu:
1) Kelahiran alam semesta.
2) Masalah tata surya.
3) Bumi
4) Asal mula kehidupan di bumi.
5) Perkembangan variabilitas makhluk hidup





DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW FILM EXAM

COVER : Judul : Exam Penulis : Simon Garrity dan Stuart Hazeldine Sutradara : Stuart Hazeldine Producer : Stuart Hazeldine dan Gareth Unwin Dirilis : Juni 2009 Durasi : 101 menit Biaya produksi : $600.000                                                              EXAM adalah sebuah film thriller psikologi yang dirilis tahun 2009 dan ditulis oleh Simon Garitty dan Stuart Hazeldine yang juga adalah sutradaranya. Karya beliau berhasil masuk nominasi BAFTA AWARDS 2010 (British Academy Film Awards) walaupun tidak menjadi pemenang. Film ini dibintangi oleh Colin Salmon, Chris Carey, Jimi Mistry, Luke Mably, Gemma Chan, Chuk Iwuji, Jhon Lloyd Fillingham, Pollyanna Mcintosh, Adar Beck dan Natalie Chox. Film berdurasi 101 menit ini adalah film yang cukup menarik bagi saya karena walaupun hanya menggunakan satu set saja yaitu sebuah ruangan kecil yang tertutup namun banyak sekali adegan menarik yang tak bisa dilewatkan satupun. Terlebih film ini mengandung teka-teki y

MITOS, PENALARAN DAN CARA MEMPEROLEH PENGETAHUAN

A. Pengertian Mitos, Legenda, Cerita rakyat beserta contohnya 1. Pengertian Mitos             Mitos   ( bahasa Yunani :   μῦθος — mythos) atau   mite   ( bahasa Belanda :   mythe ) adalah cerita   prosa   rakyat   yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada   cerita tradisional . Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya   alam semesta , dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk   topografi , kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya.             Contoh dari mitos antara lain: ·          Cerita mitos Barong di Bali, ·          Cerita mitos Nyai Roro Kidul, ·          Mitos terjadinya Padi, ·          Cerita Dewi Nawangwulan, ·          Cerita pemindahan Gunung Suci Mahameru di India oleh para dewa ke Gunung Semeru yang dianggap suci oleh orang